bincang hukum

Pensiun Kerja? Apa Saja Sih Hak-hak yang Bisa Didapat? 

Pensiun Kerja? Apa Saja Sih Hak-hak yang Bisa Didapat? 
Bincang Hukum Id - Hak-hak Pensiunan

Hai Sob, ketemu lagi sama Bang Bincang Hukum (Bikum) yang kali ini akan bahas mengenai pensiun kerja dan hak-hak yang bisa Sobat dapatkan, yuk langsung saja kita bahas.

Sebelum lebih lanjut dijelaskan, Sob harus mengetahui usia pensiun untuk pegawai swasta berdasarkan PP No. 45 tahun 2015 usia pensiun Per 1 Januari adalah 57 tahun, dan terus bertambah 1 tahun setiap rentang tiga tahun hingga mencapai batas 65 tahun.

Perlu Sobat ketahui nih, ada hak-hak yang harus didapat ketika Sobat memasuki usia pensiun yaitu pemberian uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak, hal tersebut sebagaimana diatur dalam Pasal 167 UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan tentu ada beberapa skema dalam mendapatkan hak atas pensiun tersebut antara lain :

  • Jika pengusaha telah mengikutkan pekerja pada program pensiun yang iurannya dibayar penuh oleh pengusaha, maka pekerja tidak berhak mendapatkan uang penghargaan masa kerja sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (3) dan uang pesangon sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), akan tetapi jangan hawatir Sob, karena Sobat tetap berhak atas uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).
  • Selanjutnya Sob, apabila besarnya jaminan atau manfaat pensiun yang diterima oleh pekerja sekaligus dalam program pensiun yang didaftarkan oleh pengusaha ternyata lebih kecil daripada jumlah uang pesangon 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2) dan uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3), dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4), maka selisihnya dibayar oleh pengusaha. 
  • Apabila pengusaha telah mengikutsertakan pekerja dalam program pensiun yang iurannya dibayar oleh pengusaha dan pekerja, maka pekerja tetap dapat memperoleh uang pesangon dari selisih uang pensiun yang didapat dari iuran yang dibayarkan oleh pengusaha.
  • Namun jika pengusaha tidak mengikutsertakan pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja karena usia pensiun pada program pensiun maka pengusaha wajib memberikan kepada pekerja yaitu uang pesangon sebesar 2 (dua) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3); dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).

Nah itulah Sob ketentuan terkait pemberian uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak terhadap pekerja yang diputus hubungan kerjanya karena memasuki usia pensiun.

Perlu diketahui Sob, terkait pemberian uang pesangon, uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak terhadap pekerja yang diputus hubungan kerjanya karena memasuki usia pensiun diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama hal tersebut bisa dilihat Pasal 167 ayat [4] UU Ketenagakerjaan.

Demikian Sob informasi mengenai hak-hak karyawan yang menghadapi usia pensiun, semoga bermanfaat ya Sob.

Penulis: Ahmad Jamaludin SH.,MH



data-order-by="social" data-colorscheme="light">