bincang hukum

Jika Laporan Tak Kunjung Ditindaklanjuti oleh Polisi, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Jika Laporan Tak Kunjung Ditindaklanjuti oleh Polisi, Apa yang Bisa Kita Lakukan?
Bincang Hukum Id - Laporan tidak ditindaklanjuti polisi? Ini yang bisa kita lakukan

Bincang Hukum Id – Sobat Bincang Hukum (Bikum) yang memiliki masalah dan sudah melaporkannya kepada pihak Kepolisian, namun laporan tersebut tidak ditindaklanjuti bahkan tidak digubris, berikut ini beberapa upaya yang bisa kita lakukan.

Pertama, komplain atas pelayanan polisi

Laporan Sobat yang tak kunjung mengalami perkembangan, bisa ditindaklanjuti melalui pengaduan masyarakat (Dumas) dimana upaya tersebut telah diatur dalam Peraturan Kepolisian Negara No 9/2018 tentang Tata Cara Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pengaduan masyarakat (Dumas) ini dapat dilakukan jika terkait dengan,  (1)  pelayanan Polisi, (2) penyimpangan perilaku Pegawai Negeri pada Polisi, dan (3) penyalahgunaan wewenang.

Menurut Pasal 4 ayat (1) Perkapolri 9/2018 pengaduan masyarakat dapat disampaikan langsung maupun tidak langsung.

Pengaduan secara langsung, merupakan pengaduan yang disampaikan oleh Sobat sebagai pengadu secara langsung melalui, bagian pelayanan Pengaduan Masyarakat (Dumas), sentra pelayanan Dumas, atau unit pelayanan Dumas.

Sedangkan Pelayanan Masyarakat (Dumas) secara tidak langsung, merupakan pengaduan yang disampaikan oleh pengadu melalui komunikasi elektronik dengan menggunakan aplikasi seperti melalui Laman Polri.go.id atau melalui surat menyurat.

Seperti yang tertulis dalam laman Layanan Pengaduan Masyarakat Polisi Republik Indonesia, yang bisa diadukan lewat layanan ini adalah:

  1. Pelayanan yang buruk
  2. Penyalahgunaan wewenang
  3. Kekeliruan diskresi
  4. Tindakan diskriminasi
  5. Adanya korupsi
  6. Adanya pelanggaran HAM
Kedua, tatacara Pengaduan Masyarakat (Dumas)

Proses pengaduan baik melalui website Pengaduan Masyarakat maupun secara langsung, memiliki tahap sebagai berikut:

  • Mengisi form pengaduan dan identitas

Sobat nantinya akan mendapatkan kode/nomor referensi pengaduan, dimana Sobat dapat melacak sejauh mana proses pengaduan tersebut.

  • Analisa permasalahan oleh tim khusus Propam Mabes Polri dan Itwasum Polri

Setiap pengaduan yang masuk akan dikaji apakah relevan dengan institusi Polri dan apakah relevan dengan ketentuan pengaduan.

  • Proses penyelidikan dan penyidikan

Dengan prosedur tetap dan terukur, pengaduan ditindaklanjuti.

  • Analisa kesimpulan dan pelaporan

Fakta-fakta hasil penyidikan disimpulkan dan dilaporkan kepada pimpinan dan Kompolnas.

  • Jawaban/tanggapan resmi

Sobat sebagai pihak pengadu akan menerima hasil tanggapan pengaduan.

Nah begitu Sob, ketika laporan Sobat kepada pihak Kepolisian tidak ditindaklanjuti maka Sobat dapat melakukan upaya Pengaduan Masyarakat (Dumas). Pengaduan masyarakat dapat ditujukan untuk komplain atau ketidakpuasan terhadap pelayanan Kepolisian dalam pelaksanaan tugas, serta permintaan klarifikasi atau kejelasan atas penanganan perkara yang ditangani Polisi.

Selain itu, jika tanggapan pihak Kepolisian terhadap pengaduan yang dilakukan Sobat dirasa kurang memuaskan, Sobat bisa lanjut melaporkannya ke Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Penulis: Huda Dindin Pratama, S.H



data-order-by="social" data-colorscheme="light">